LATAR BELAKANG


Pendidikan Non-formal Kejar Paket
        Kejar Paket A, B dan C adalah solusi bagi kita yang sudah berusia di atas usia sekolah namun ingin memiliki pengetahuan, kemampuan dan ijazah setara dengan SD, SMP atau SMA. Kejar adalah singkatan dari Kelompok Belajar. Siapa saja yang ingin mengikuti Kejar Paket A, B dan C harus mendaftar di lembaga penyelenggara Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM)
        Kejar Paket A setara dengan Sekolah Dasar (SD), Kejar Paket B setara dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP), sedangkan Kejar Paket C setara dengan Sekolah Menengah Atas (SMA). Melalui program kejar paket tersebut siswa akan mendapatkan pelajaran setara dengan tingkatannya. Di akhir program siswa bisa mengikuti ujian kejar paket (atau biasa disebut dengan istilah ujian persamaan atau ujian kesetaraan) untuk mendapatkan Sertifikat Ijazah sebagai tanda kelulusan, yang kemudian dapat dipakai untuk mendaftar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, baik ke sekolah menengah ataupun ke perguruan tinggi, atau bagi yang hendak langsung bekerja, Ijazah juga dapat dipergunakan sebagai kelengkapan persyaratan lamaran kerja. 
        Bagi yang telah bekerja dan ingin mengikuti kejar paket A, B atau C, tidak usah khawatir akan terganggu atau tersita waktu untuk bekerja kita, karena banyak penyelenggara kejar paket yang mengadakan pembelajaran di luar jam kerja, seperti di malam hari setelah jam kerja misalnya. Waktu tempuh pendidikan pun tidak seperti sekolah formal pada umumnya yang harus menunggu 3 tahun untuk mengikuti ujian dan lulus, namun dengan metode pembelajaran yang intensif dan efisiensif, pendidikan kejar paket dapat ditempuh dengan waktu yang relative lebih singkat.
Bagi kita yang ingin mengikuti Kejar Paket A, B dan C tidak perlu malu. Tidak ada kata terlambat untuk belajar, meskipun usia kita tidak lagi muda, bahkan yang sudah tua sekalipun, dapat mengikuti kejar paket ini. Silahkan datang ke PKBM Widya Tama. 
Menetapkan Pendekatan dan Teknik 


         Upaya memotivasi merupakan kegiatan yang harus dan dapat di lakukan oleh setiap pemimpin atau pelaksanaan kegiatan. Upaya memotivasi mencakup kegiatan mendorong, menarik dan mengarahkan dorongan yang terdapat pada diri orang – orang yang di pimpin agar mereka melakukan tugas pekerjaaan yang menjadi tanggung jawab, begitu juga dalam kegiatan pembelajaran guru / sumber belajar di tuntut tidak saja sebagai franformasi, tetapi juga dapat berfungsi sebagai motivator yang dapat menggerakan minat siswa untuk belajar dengan menggunakan berbagai media dan sumber yang sesuai dan menunjang terhadap pencapaian suatu tujuan.
Kegiatan memotivasi merupakan salah satu langkah awal yang harus di lakukan guru dalam belajar, jika guru / tutar telah berhasil dalam membagun motivasi siswa dalam belajar, tidaklah berlebihan untuk mengatakan bahwa guru berhasil dalam mengajar.
         Dalam hal ini teknik yang digunakan adalah bentuk angkel yang dipergunakan adalah angket tertutup, yaitu angket yang alternatif jawabnya telah disediakan sehingga responden tinggal memilih jawaban yang dianggap paling cocok atau sesuai teknik ini digunakan dengan alasan bahwa data yang diperoleh dapat dengan cepat terkumpul karena responden dapat menjawab pertanyaan – pertanyaan yang bebas dalam waktu yang relatif lama serta tanpa ada unsur penekanan dari pihak manapun.
Teknik ini dipergunakan untuk memperoleh data yang tidak tersangkut dengan menggunakan teknik lainnya, yaitu dapat melakukan pencatatan dan pengamatan langsung pada tempat / sasaran. Observasi adalah studi yang disengaja dan sistematis tentang fenomena sosial dan gejolak-gejolak alam dengan jalan pencatatan dan pengamatan.
         Teknik wawancara ini penulis gunakan untuk melengkapi kekurangan-kekurangan pada teknik angket yaitu apabila diantaranya responden yang kurang memahmi isi angket dan untuk melengkapi data dalam pengelolaan dan analisa data yang terhimpun melalui angket.
Teknik ini penulis gunakan dalam pengumpulan data serta teori-teori yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan sedangkan maksud dan tujuan digunakan teknik ini adalah untuk mendapatkan data dan teori – teori melalui buku-buku. 

Menetapkan Materi 
Jenis motivasi yang diberikan oleh tutor terhadap warga belajar sebagian besar di berikan secara lisan dan tulisan.
Bentuk motivasi yang di berikan berkenaan dengan materi pelajaran di kelas, dan yang berkenaan dengan bidang kehidupan sehari-hari.
• Waktu
Waktu yang di gunakan untuk berlangsungnya proses belajar yaitu 2 hari dalam seminggu @ 2jam belajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar